Jadwal Sholat Kota Semarang

CARA BIJAK MENJADI SEORANG PENULIS YANG BAIK

Jumat, 03 Juli 2009 , Posted by ali_el_shirazy at 01.25

Tulisan ini dipersembahkan bagi mereka dan semua pembaca yang bertanya, baik melalui e-mail, fs, handphone, atau hanya sebatas bertanya dalam hati, bagaimana sih caranya menjadi seorang penulis yang baik seperti -------?

Ada banyak (sekali) cara agar bisa menjadi seorang penulis yang baik. Namun karena pertanyaan ini ditujukan pada saya, maka saya akan menjawabnya dengan cara saya. (hehe,.. tapi tidak langsung dalam satu posting aja lho. Habisnya banyak, en pazti cuappekz,..!!! -lebay-)

Dimulai dari yang pertama, yaitu niat, intention.

“Innamal-a’maalu binniyaat”, sesungguhnya sebuah perbuatan itu tergantung niatnya.

Yup. Semuanya udah pasti tahu hadits popular ini. Dan ini adalah awal pertama langkah menjadi seorang penulis yang baik.
Maka tanyakan pada hati masing-masing (yang ingin jadi seorang penulis) niatnya karena apa?

Ingin terkenal?
Ingin diidolakan?
Ingin disukai sama lawan jenis yang ditaksir atau mertua?
Ingin kaya?
Ataukah ingin dicintai Allah dan rosulnya?

“Sesungguhnya menjadi penulis diniatkan karena lima hal, maka pilihlah yang terakhir agar hidup dan matimu bahagia.”

Hehe,.. jadi melesetkan hadits memilih pasangan nih.
Maka bagi yang punya empat niatan pertama, BURUAN DIHILANGKAN!!! (mantebh nggak si?)

Kenapa?

“Ya jelas donk, masak ya jelas lah, ada juga buah kedondonk bukan buah kedonlah!!!”
Saya yang udah jadi penulis saja enggak ada yang ngenal kok, apalagi terkenal, apalagi diidolakan. Trus maem aja masih telur penyet, sambel terong, apanya yang kaya? Disukai sama lawan jenis? Jadi inget lagunya wali, “Ku tak laku-laku” gimana bisa mengatakan menulis agar disukai lawan jenis, apalagi mertua?
Maka saya masih dan terus berharap semoga menulis menjadikan saya dicintai dan semakin dicintai Allah dan Rosulnya,….

Begitu juga dengan antum semua. Niat yang terakhir lah yang paling benar!!!

Dan niat sebagai hal paling pertama ini, akan menentukan dan berhubungan dengan hal-hal berikutnya dalam cara bijak menjadi seorang penulis yang baik.
Maka,..

(tong-teng-tong-teng,…)

Tulisannya sampai di sini dulu. Dilanjutkan lagi pada posting selanjutnya, sembari menunggu antum semua sudah merubah (bagi yang niatan awalnya salah) atau menemukan (bagi yang masih belum tahu niat yang baik saat ingin jadi penulis). yang sabar y,...

Have a nice struggle finding or changing your intention ^_^
Leave comment please,…

Currently have 5 komentar:

  1. push andy says:

    emang bener ngenes jadi penulis kalo niatnya 4 diatas dari yang ente sebutin..

    inget hadist arba'in pertama yang ditulis. yang bunyinya

    ..."barang siapa yang berhijrah karena wanita yang ingin dinikahinya, amalnya akan sampai pada apa yang ia niatkan"

    nah kalo kasusnya kaya kang ali gini....
    umpamanya kang ali nulis karena cari pasangan hidup..
    alangkah malangnya ente.. pahala ga dapet....
    calon istri pun tak kunjung datang.. lantas dapet apa dooonggg :)

  1. Anonim says:

    memang benar kata kang Ali, kalau kita nulis supaya dicintai Allah dan Rasul'y, otomais manusia juga akan mencintai kita, jangan kan wanita, laki2 jg cinte ma kita, heheheheh

  1. Hidayat says:

    Nice Info ,,, mantaff

  1. Rocha Yatii says:

    aku juga pngen jadi penulis :)